Pulungan, Syafrida Hanum (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MTSN DI KECAMATAN KUALUH SELATAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126171038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 8126171038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
3. NIM. 8126171038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 8126171038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 8126171038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 8126171038 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 8126171038 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8. NIM. 8126171038 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8126171038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (812kB) | Preview
13. NIM. 8126171038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 8126171038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah (PBM) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa; (2) Apakah peningkatan self-efficacy siswa yang mendapat PBM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa; (3)Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran yang dengan kemampuan awal siswa terhadap self-efficacy siswa; (5) Bagaimana proses penyelesaian masalah kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN Kualuh Hulu dan MTsN Damuli Pekan. Sampelnya terdiri dari 4 kelas yang dipilih secara random sederhana yaitu siswa kelas VIII-A dan VIII-C dari MTsN Kualuh Hulu dan siswa kelas VIII-A dan VIII-B dari MTsN Damuli Pekan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika berupa tes objektif, tes kemampuan komunikasi matematis berupa tes uraian dan skala Self-efficacy model Likert. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,826 dan 0,877 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy matematis. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik Inferensial. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t dan anava 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat PBM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa; (2) Peningkatan self-efficacy siswa yang mendapat PBM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran biasa; (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis; (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan self-efficacy siswa; (5) Proses penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan kesimpulan disarankan untuk menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510 Pul p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan komunikasi matematis; Self-efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 08:42 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22828 |