Hairina (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia interaktif berbasis web. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar materi pokok larutan asam basa. Adapun, sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan, 2 orang dosen kimia umum dan dosen media Universitas Negeri Medan, dan 40 orang siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 4,48 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan bahasa 4,72 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 4,40 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi, dan kelayakan kegrafikan 4,63 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil pendapat siswa mengenai bahan ajar kimia interaktif memiliki nilai rata-rata sebesar 3,55 adalah valid, artinya layak untuk digunakan. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia interaktif berbasis web yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang disediakan sekolah. Berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas eksperimen (menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web) sebesar 72% dan peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas kontrol (tidak menggunakan web) sebesar 60%. Berdasarkan uji t-test terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web dan tanpa menggunakan bahan ajar kimia interaktif berbasis web dengan nilai signifikan 0,02 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.24 Hai p |
Keywords: | Bahan ajar kimia interaktif; Web; Penelitian dan pengembangan (R&D); Larutan asam basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 04:38 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22821 |