Emosda (2007) FAKTOR GURU DALAM AKTIFITAS PEMBELAJARAN DIKELAS. Jurnal Tabularasa, 04 (02). pp. 195-207. ISSN 1693-7732
TABULARASA VOL.4 NO. 2 DES 2007Emosda.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Guru memainkan peran sebagai aktor utama dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Dalam hal ini ada 3 unsur yang melekat pada guru dan menjadi faktor penentu keberhasilan kegiatan pembelajaran. Tiga unsur itu ialah kualifikasi akademik, penguasaan materi pembelajaran, dan interaksi sosial. Kualifikasi merupakan prasyarat untuk seorang guru mengajar dalam pendidikan jalur sekolah. Dalam UU No. 14/2005 menyebutkan kualifikasi akademik seorang guru minimal S-1 dan/atau D-IV, dan mempunyai sertifikat pendidik sesuai dengan keahlian atau bidang studinya. Penguasaan materi merupakan cerminan kemampuan guru dalam menyampaikan atau mentransformasikan materi pembelajaran atau pengalaman belajar peserta didik. Terakhir interaksi sosial, hal ini merupakan cerminan proses transformasi pengetahuan dan keterampilan dari guru kepada peserta didik. Di dalam unsur ini terjadi komunikasi antara guru dengan siswa; guru dengan guru; guru dengan orang tua siswa; dan guru dengan pemimpinnya. Inti dari interaksi sosial ini terletak pada keterampilan berkomunikasi sesama manusia. Dengan perkataan lain kelancaran aktivitas pembelajaran yang dimainkan oleh guru dalam konteks sekolah mempersyaratkan kualifikasi akademik, penguasaan materi, dan keterampilan berinteraksi sesama manusia (interaksi sosial).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Guru; Peran guru; Pembelajaran; Aktivitas pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 02:36 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/228 |