Pardosi, Johannes (2015) PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMELIHARA/ SERVIS SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA PADA SISWA KELAS XI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BALIGE TOBA SAMOSIR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT & LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. DAftar Gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. DAftar LAmpiran.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Memelihara/ Servis Sistem Pendingin dan Komponen-komponennya padasiswakelas X Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Balige toba samosir T.A 2014/2015 dengan menggunakan Media CD Interaktif. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, dimana berdasarkan observasi peneliti yang menunjukkan bahwa bahwa pada tahun ajaran 2012/2013 sekitar 50,92 % dari 49 siswa tidak lulus atau hanya memenuhi criteria ketuntasan munimum. Sedangkan pada tahun ajaran 2013/2014, sekitar 43 % dari 59 siswa juga belum memenuhi criteria ketuntasan minimum. Metode penelitian inia dalah penelitian tindakan kelas (classroom Action research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Keahlian Teknologi Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Balige , yang terdiri dari 33 orang. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Media CD Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran memelihara/ servis sistem pendingin dan komponen-komponennya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus trdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data adalah instrumen tes soal pilihan ganda dan lembar kerja.
Dari data hasil belajar yang diperoleh terdapat 3 siswa (9,1 %) yang kompeten pada tes kemampuan awal, 20 siswa (60,61 %) padasiklus I dan 29 siswa (87,87%) padasiklus II. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 27 (81,82%) siswa tergolong cukupaktif dan sebanyak 6 (18,18 %) siswa tergolong aktif. Sedangkan padasiklus II terdapat 30 (90,9 %) tergolong aktif dan 3 (9,1%) siswa tergolong sangat aktif. Data hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II. Dimana pada siklus pertama terdapat 20 siswa (60,61 %) yang telah memenuhi ketuntasan belajar (kompeten) mengalami peningkatan sebanyak 9 siswa (27,29 %). Berdasarkan hasil itu juga didapat bahwa ketuntasan klasikal telah terpenuhi yaitu sebanyak 85 %. Penggunaan media CD Interaktif dalam pembelajaran Memelihara/Servis Sistem Pendingin Dan Komponenn-komponennya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI KeahlianTeknik Kendaraan Ringan SMK Negeri I Balige Toba Samosir T.A. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 010 |
Keywords: | Media CD interaktif; Hasil belajar; Memelihara/sevis sistem pendingin dan komponennya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 03:53 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22761 |