Darmila, Cheppy Permana (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KELISTRIKAN PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. CHEPPY PERMANA DARMILA. NIM 5103122030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran mata diklat kelistrikan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terdapat pada siswa kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah-9 Medan sebanyak 21 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi merangkai lampu kota dan lampu kepala serta merangkai lampu tanda belok dan hazard 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data hasil tes hasil belajar I diperoleh 9 siswa (42,85%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 12 siswa (57,14%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 68,71 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 42,85%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar II diperoleh 19 siswa (90,47%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 siswa (9,52%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87.71 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,477%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 9 siswa disiklus I bertambah sebanyak 10 siswa disiklus II menjadi 19 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 12 siswa yang tidak tuntas di siklus I menjadi 2 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan pada materi merangkai lampu kota dan lampu kepala serta merangkai lampu tanda belok dan hazard.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 023 |
Keywords: | Hasil belajar kelistrikan; Model pembelajaran; Project based learning; Penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 03:45 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22759 |