Efendi, Januardi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2. HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif pada siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA4 Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 24 siswa (60%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 16 siswa (40%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74,1 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 60%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 33 siswa (82,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 7 siswa (17,5%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80.54 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,5%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 24 siswa disiklus I bertambah sebanyak 9 siswa disiklus II menjadi 33 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 16 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 7 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XA4 pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 022 |
Keywords: | Hasil belajar; Teknik listrik; Dasar otomotif; Model pembelajaran; Project based learning; Penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 03:41 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22758 |