Purba, Bernad (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR TEKNIK MESIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 508121022 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 508121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
3. NIM. 508121022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 508121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 508121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 508121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 508121022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 508121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 508121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. NIM. 508121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM. 508121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga membuat siswa menjadi kurang tertarik dalam belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar pengetahuan dasar teknik mesin pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi T.P. 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi yang berjumlah 3 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 orang siswa. Sampel diambil 2 kelas yaitu Kelas X TKR3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share dan kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Rata-rata hasil belajar kompetensi dasar teknik mesin siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran think pair share sebesar 18.14 lebih tinggi dari hasil belajar kompetensi dasar teknik mesin siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensionalya itu sebesar 15.89. (2). Hasil pengujian hipotesis diperoleh dan . sehingga maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar kompetensi dasar teknik mesin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 032 |
Keywords: | Strategi belajar; Think pair share; Strategi konvensional; Hasil belajar; Pengetahuan dasar; Teknik mesin |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 04:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22729 |