Lasidos, Pahala Arion (2015) PENERAPANAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 2 SIATAS BARITA – TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509111026 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.509111026. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 509111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
3. NIM. 509111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. NIM. 509111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 509111026. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 509111026. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 509111026. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM. 509111026. BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM. 509111026. BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 509111026. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
rencana anggaran biaya siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
rendahnya aktivitas dan hasil belajar rencana anggaran biaya siswa dalam proses
pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di SMKN 2 Siatas Barita. Subjek penelitian adalah model
pembelajaran kolaboratif dan objek penelitiannya adalah aktivitas dan hasil
belajar siswa kompetensi keahlian TGB kelas XI SMKN 2 Siatas Barita. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas
siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
berlangsung.
Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I
diperoleh 11 siswa (55%) untuk kategori tidak aktif, 8 siswa (40%) untuk kategori
cukup aktif dan 1 siswa (5%) untuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II
diperoleh 8 siswa (40%) untuk kategori cukup aktif, 10 siswa (50%) untuk
kategori aktif dan 2 siswa (10%) untuk kategori sangat aktif. Untuk nilai rata-rata
aktitas belajar siswa pada siklus I yaitu 68 meningkat menjadi 82 pada siklus II.
Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 16 siswa
(80%) untuk kategori tidak kompeten dan 4 siswa (20%) untuk kategori
kompeten. Sedangkan pada siklus II diperoleh 16 siswa (80%) untuk kategori
kompeten dan 4 siswa (20%) untuk kategori sangat kompeten. Untuk nilai ratarata
hasil belajar pada siklus I yaitu 70 meningkat menjadi 85 pada siklus II.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran
kolaboratif dapat : 1) meningkatkan aktivitas belajar menyusun rencana anggaran
biaya siswa kels XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMKN 2 Siatas
Barita , 2) meningkatkan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa
kelas XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMKN 2 Siatas Barita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 017 |
Keywords: | Rencana Anggaran, Model Pembelajaran PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 08:30 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22704 |