Machril:, Sadzali Yunaifi (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EXE (ELEARNING XHTML EDITOR) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERSEMBAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. SADZALI YUNAIFI MACHRIL NIM. 5103311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh media
pembelajaran EXE (Elearning XHTML Editor) terhadap hasil belajar Konstruksi
Bangunan siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan. Sampel penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan dengan jumlah sampel
sebanyak 66 orang dan cara pemilihan kelas secara acak. Kemudian didapat kelas
X TGB-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB-2 sebagai kelas kontrol.
Alat pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 22 soal yang
diuji cobakan terlebih dahulu. Sebelum adanya perlakuan, kelas diberikan pre-test
untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian setelah adanya perlakuan
diberikan Post-test untuk memperoleh data hasil belajar sebagai alat pengumpulan
data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Konstruksi
Bangunan yang diajar dengan media pembelajaran EXE (Elearning XHTML
Editor) lebih besar dari yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini
dibuktikan dengan pengujian hipotesis untuk thitung = 2,263 dan ttabel yang
diperoleh berdasarkan interpolasi pada taraf α = 0,05 adalah 1,67. Karena thitung >
ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
elearning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan tehadap hasil belajar
Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 016 |
Keywords: | Media Pembelajaran, EXE, Hasil Belajar, Konstruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 08:02 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22697 |