Pramudiansyah, Ryal (2015) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR – DASAR GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7. NIM 509311030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
6. NIM 509311030 TABLE.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 509311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
1. NIM 509311030 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
3. NIM 509311030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM 509311030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 509311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM 509311030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM 509311030 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM 509311030 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 509311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar menerapkan dasar-dasar gambar teknik kelas X SMK Negeri 2 Kisaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil
belajar menerapkan dasar-dasar gambar teknik dengan menerapkan model group
investigasi di kelas X SMK Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kisaran, Tahun Ajaran
2014/2015 dengan subjek siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Objek dalam
penelitian ini adalah penerapan model Group Investigasi. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam
setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan data kualitatif.
Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa
pada siklus I terdapat 15 siswa ( 50,00 % ) yang termasuk kriteria aktif dan sangat
aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 27 siswa (90,00 %) yang
termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh
data test sebelum penerapan 3 siswa (10,00 %) yang tuntas dengan rata-rata nilai
66,30 sedangkan pada siklus I terdapat 5 siswa (16,66 %) yang tuntas dengan
rata-rata nilai menjadi 69,84 atau terjadi peningkatan sekitar 3,54 poin. Dan pada
siklus II terdapat 22 siswa ( 73,33%) yang tuntas dengan rata-rata 84,71 atau
mengalami peningkatan 14,87 poin dari siklus II telah memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70. Dari hasil data diatas dapat disimpulkan bahwa
penerapan model group investigasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
menerapkan dasar-dasar gambar teknik kelas X SMK Negeri 2 Kisaran Tahun
Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 021 |
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Group Investigasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 07:52 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22696 |