Sari, Vera Novita (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103311038 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 5103311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. NIM. 5103311038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 5103311038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 5103311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 5103311038 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 5103311038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 5103311038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM. 5103311038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
14. NIM. 5103311038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
13. NIM. 5103311038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan
menggunakan pemberian penguatan secara verbal dan non verbal yang dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Statika dan
Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2
Binjai T.P. 2014/2015 yang berjumlah 40 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan
dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting),
pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari
tentang konsep keseimbangan dan menghitung reaksi pada tumpuan dengan balok
sederhana, pada siklus II mempelajari tentang menghitung gaya momen, gaya
lintang dan gaya normal pada balok sederhana.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi.
Hasil uji coba instrumen penelitian dari 20 soal pada siklus I terdapat 17 soal
valid, uji tingkat kesukaran terdapat 7 soal mudah, 10 soal sedang dan 3 soal
sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal buruk, 11 soal cukup dan 6 soal baik,
uji reliabilitas tes didapat 0,81 (sangat tinggi) dan fungsi pengecoh berfungsi
dengan baik. Pada siklus II dari 20 soal diperoleh 16 soal valid, uji tingkat
kesukaran terdapat 8 soal mudah, 10 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya
pembeda tes didapat 5 soal buruk, 10 soal cukup dan 5 soal baik, uji reliabilitas
tes didapat 0,81 (sangat tinggi, dan fungsi pengecoh berfungsi dengan baik.
Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan nilai rata-rata aktivitas dan hasil
belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 untuk keseluruhan siswa tuntas
belajar.
Dari hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada siklus I memiliki
persentase 33.5% meningkat menjadi 62.5% . Selanjutnya pada siklus II menjadi
82.5% meningkat menjadi 100% siswa aktif belajar mencapai nilai KKM 70.
Hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 37.5% meningkat menjadi
60%. Selanjutnya pada siklus II menjadi 67.5% meningkat menjadi 100% siswa
tuntas belajar mencapai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa melalui pemberian penguatan secara verbal dan non verbal dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Statika
dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2
Binjai T.P. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 074 |
Keywords: | Pemberian Penguatan, Aktivitas Siswa , Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:52 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22693 |