PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X TITL SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017

Triani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X TITL SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5101131016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5101131016 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5101131016 APPROVAL OF SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5101131016 APPROVAL OF SHEET.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5101131016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5101131016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5101131016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5101131016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5101131016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5101131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5101131016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5101131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5101131016 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5101131016 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5101131016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5101131016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5101131016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5101131016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5101131016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5101131016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5101131016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5101131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Dasar
dan Pengukuran Listrik antara siswa yang diajar dengan menggunakan model
Pembelajaran Advance Organizer dengan siswa yang diajar dengan model
Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik
SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, yang mana
dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik instalasi tenaga
listrik SMK Negeri 2 Medan yang mengikuti kompetensi Dasar dan Pengukuran
Listrik yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak
kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan model Pembelajaran
Advance Organizer adalah kelas X LP-1 yang berjumlah 32 siswa serta kelas X
LP-2 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan model Pembelajaran
Ekspositori) yang berjumlah 32 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah
sebanyak 64 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dasar dan pengukuran listrik
yang diperoleh untuk kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran
advance organizer memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 80,62 dan pada
kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori memiliki
nilai rata-rata posttest sebesar 74,21. Uji normalitas data digunakan Uji Lilliefors
pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas Dasar dan Pengukuran
Listrik dengan model Pembelajaran Advance Organizer diperoleh Lhitung sebesar
0,12840 dan Ltabel sebesar 0,1566 karena Lhitung < Ltabel atau 0,12840 < 0,1566,
maka data pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, Uji normalitas Dasar
dan Pengukuran Listrik dengan model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung
sebesar 0,13865 dan Ltabel = 0,1566 karena Lhitung < Ltabel atau 0,13865 < 0,1566,
maka data pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas hasil
belajar Dasar dan Pengukuran Listrik diperoleh Fhitung sebesar 1,1836 dan Ftabel
1,75 karena Fhitung < Ftabel atau 1,1836 < 1,75 maka seluruh varians adalah
homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian
Homogen. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t satu pihak diperoleh thitung >
ttabel (3,945>1,6697) sehingga Ha diterima berarti Hasil Belajar siswa yang
diajarkan dengan model Pembelajaran Advance Organizer lebih tinggi daripada
Pembelajaran Ekspositori di kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ELK 077
Keywords: Hasil Belajar, Pengukuran Listrik, Pembelajaran Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jan 2017 03:24
Last Modified: 18 Jan 2017 03:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22688

Actions (login required)

View Item
View Item