Siahaan, Baringin Jonatan (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN TIPE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK BINA SATRIA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Bina Satria Medan T.A 2014/2015 dengan menerapkan tipe Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada dilapangan, dimana berdasarkan observasi peneliti yang menunjukan bahwa pada tahun ajaran 2012/2013 sekitar 60% dari 32 siswa yang lulus atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada tahun ajaran 2013/2014 sekitar 55% dari 29 siswa yang lulus atau memenuhi criteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 2 SMK Bina Satria Medan, yang terdiri dari 25 orang. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan tipe Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari sekali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah istrumen test pilihan berganda dan lembar observasi. Hasil belajar Gambar Teknik yang diajarkan dengan menggunakan tipe Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh 16 siswa (64%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 9 siswa (36%) lainnya belum tuntas. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari test hasil belajar siklus II diperoleh 22 siswa (88%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (12%) lainnya belum tuntas. Keaktifan belajar siswa juga terjadi peningkatan. Pada siklus pertama keaktifan siswa sebesar 64,5%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan persentase keaktifan siswa yaitu sebesar 80,25%. Berdasarkan lembar observasi ditemukan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian tipe Pembelajaran Berbasis Masalah meningkatkan nilai belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik Pada Kelas X SMK Bina Satria Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 013 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar gambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 08:07 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22685 |