HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK-1 YAPIM MEDAN

Silitonga, Hendra (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK-1 YAPIM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5103321013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5103321013 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5103321013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5103321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5103321013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5103321013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5103321013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5103321013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5103321013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5103321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5103321013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5103321013 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5103321013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5103321013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5103321013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5103321013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5103321013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5103321013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5103321013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5103321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Persepsi Siswa Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X SMK -1 Yapim Medan. Populasi terdiri dari 4 kelas sebanyak 144 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang diambil secara acak dengan pertimbangan bahwa karakteristik populasi hampir sama. Instrument yang digunakan adalah angket sebanyak 25 soal untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitianan ini.
Data penelitian variabel persepsi siswa tehadap gambar (X) dijaring dengan angket, dan Hasil Belajar gambar teknik (Y) dijaring dengan tes. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel persepsi siswa terhadap gambar (X) 24 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,869 pada taraf signifikansi 5%. (2) Hasil Belajar Gambar Teknik (Y) 13 soal yang valid, reliabilitas yang sangat rendah sebesar 0,618 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel Persepsi siswa (X) signifikan 0,0801 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) Hasil Belajar Gambar Teknik (Y) signifikan sebesar 0,1012 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%.
Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X yaitu Ŷ = 7.387+-0.05 X, uji kelinieran persamaan regresi sederhana Y atas X yaitu Fhit = 1.37 < Ftab = 3.99 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : Persepsi siswa Terhadap gambar (X) hasil belajar (Y) yaitu rhit = 5.04 > 4.00 menunjukkan korelasi yang berarti. (2) pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat korelasi yang berarti antara Persepsi Siswa (X) terhadap hasil belajar gambar teknik (Y). Terdapat korelasi yang berarti antara Persepsi siswa (X) terhadap hasil belajar gambar teknik (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MSN 006
Keywords: Gambar; Belajar gambar teknik; Persepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jan 2017 09:01
Last Modified: 17 Jan 2017 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item
View Item