Elamansyah (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN BOLA KASTI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060853 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6121111011 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 6121111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 6121111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM. 6121111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM. 6121111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 6121111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 6121111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 6121111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 6121111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 6121111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 6121111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lempar tangkap bola dalam permainan bola kasti melalui pendekatan bermain
pada siswa kelas V SD Negeri 060853 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode
penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dan subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V yang terdiri dari 32 siswa,objek dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode pendekatan bermain dalam upaya meningkatkan hasil
belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas V SD Negeri 060853 Tahun
Ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
lembar penilaian teknik dasar lempar tangkap bola.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik dasar lempar tangkap bola, setelah tes siklus I
dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 32 siswa
terdapat 23 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 71,87% dengan nilai rata-rata
68,59. Ini berarti ketuntasan klasikal (>80%) belum tercapai. Untuk itu peneliti
masih melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran,dan peneliti
melanjutkan penelitiannya dengan melakukan tes siklus II yang sama
perlakuannya padasiklus I. Setelah tes siklus II dilaksanakan maka diperoleh
peningkatan hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 29 siswa yang telah tuntas
yaitu sebesar 90,63% dengan nilai rat-rata 77,64. Ini berarti ketuntasan secara
klasikal (>80%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui
pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola
dalam permainan bola kasti pada siswa kelas V SD Negeri 060853 Medan
Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 047 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Bola Kasti, Permainan Lempar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 08:10 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22679 |