Sirear, Suci Monalisa (2016) KONTRIBUSI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113321035 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 3113321035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
3. NIM. 3113321035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 3113321035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 3113321035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 3113321035 TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 3113321035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 3113321035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 3113321035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
13. NIM. 3113321035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 3113321035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa dengan
adanya kontribusi bimbingan belajar terhadap kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan
Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
populasi seluruh siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 210
siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling
yaitu kelompok siswa yang mengikuti bimbingan belajar (Kelompok Eksperimen)
dan kelompok yang tidak ikut bimbingan belajar (Kelompok kontrol). Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji tes hasil belajar dalam bentuk pilihan
berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid
oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata uji tes hasil belajar
kelompok eksperimen adalah 78,75 , sedangkan kelompok kontrol adalah 85,63.
Pada pengujian hipotesis uji “t” dua pihak diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,410 <
2,04 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 30, dapat disimpulkan bahwa H0
diterima yang berarti tidak ada perbedaan dari hasil belajar kedua kelompok.
Sedangkan uji “t” satu pihak diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,43 < 1,70 , dapat
disimpulkan H0 diterima yang berarti tidak ada Konstribusi Bimbingan Belajar
terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan Tahun
Ajaran 2015/2016. Hak ini dikarenakan bimbingan belajar yang diikuti sebagian
siswa kelas XI IPS tidak sesuai dengan jurusan mereka. Bimbingan belajar tidak
memiliki Standar Operasional Prosedur seperti Kurikulum dan KKM, sedangkan
di sekolah Kurikulum dan KKM harus tuntas dicapai oleh siswa. Guru di sekolah
menjadi sumber belajar untuk para siswa, staff pengajar di bimbingan belajar yang
dikenal dengan tutor tidak sepenuhnya menjadi sumber belajar untuk siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 122 |
Keywords: | Konstribusi Bimbingan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 06:52 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22673 |