Sinaga, Franki Wahyu Dianto (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BALAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 MERDEKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
lembar pengesahan dan pernyataan.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Perbedaan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Startegi Pembelajaran inkuiri. Dengan Siswa Yang Diajarkan Dengan Stratgei Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Merdeka yang mengikuti kompetensi Dasar dan Pengukuran Listrik yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Inkuiriadalah kelas X TITL-2 yang berjumlah 37siswa serta kelas X TITL-1 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 35 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 72 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar sub kompetensi Dasar dan Pengukuran Listrik antara strategi Pembelajaran Inkuiri dengan strategi pembelajaran ekspositori, dimana hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik untuk kelas yang menerapkan strategi Pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik untuk kelas yang menerapkan pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 18,91 dan rata-rata pada kelas kelompok ekspositori sebesar 16,43. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Dasar Dan Pengukuran Listrik dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri diperoleh Lhitung sebesar 0,129dan Ltabel sebesar 0,145karena Lhitung<Ltabel atau 0,129<0,145, maka data instrumen pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas instrument dasar dan pengukuran listrik dengan stategi pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,098 dan Ltabel = 0,149karena Lhitung<Ltabel atau 0,098< 0,149, maka data instrumen pada kelas kontrol pada kategori normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik diperoleh Fhitung sebesar 1,156dan Ftabel 1,762karena Fhitung<Ftabelatau 1,156<1,176maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan Antara strategi Pembelajaran Inkuiri Dengan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat dari nilai thitung =3,558yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,669.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 008 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pengukran Listrik, Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 02:41 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22660 |