Sinambela, Diego Dennis (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MEMELIHARA/ SERVIS TRANSMISI MANUAL DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS XII-TKR SMK NEGERI 1 BALIGE KAB. TOBA SAMOSIR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103122010 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM. 5103122010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM. 5103122010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 5103122010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 5103122010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM. 5103122010 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 5103122010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 5103122010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 5103122010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
13. NIM. 5103122010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 5103122010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mata Diklat Memelihara/ Servis Transmisi Manual pada siswa kelas XII TKR SMK Negeri 1 Balige T.A. 2014/2015 mengunakan pendekatan kontekstual (CTL) dengan memanfaatkan media ajar simulator transmisi mobil. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, dimana berdasarkan observasi peneliti yang menunjukkan bahwa pada dua tahun terakhir (2012/2013 dan 2013/2014) ada sekitar 54,88% siswa belum tuntas belajar (≤ 75) dari rata-rata jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-TKR SMK Negeri 1 Balige dengan jumlah siswa 30 orang. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media ajar simulator transmisi mobil untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Memelihara/ Servis Transmisi Manual. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data adalah lembar observasi, tes berupa essay tes dan lembar kerja (job sheet). Dari data awal (Pre Tes) persentase tuntas belajar secara klasikal sebesar 16,67%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh data yang cukup aktif (80%), aktif (20%), persentase tuntas belajar secara klasikal siklus I diperoleh 20 siswa yang tuntas (66,67%) dengan rata-rata 76,03. Pada siklus II aktivitas belajar siswa diperoleh data yang cukup aktif (3,33%), aktif (53,3%), dan sangat aktif (43,3%). Dan persentase tuntas belajar secara klasikal siklus II diperoleh 30 siswa yang tuntas (100%) dengan rata-rata 89,93. Data aktivitas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II, dari data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I hingga siklus II sebesar 33,33%. Dengan meningkatnya aktivitas belajar maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga hasil belajar siswa juga ikut meningkat. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa secara klasikal telah terpenuhi yaitu ≥ 80%. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Memelihara/ Servis Transmisi Manual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII TKR SMK Negeri 1 Balige T.A. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 OTM 005 |
Keywords: | Pendekatan kontekstual; Penelitian tindakan kelas; Media ajar simulator transmisi; Aktivitas; Hasil belajar memelihara/servis transmisi manual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 02:35 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22620 |