Lumbantobing, Toga Hotniel (2015) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PROGRAM KEAHLIAN MESIN PRODUKSI PADA SISWA KELAS X SMK 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103121041 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 5103121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM 5103121041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 5103121041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
5. NIM 5103121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 5103121041 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 5103121041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 5103121041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 5103121041 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
13. NIM 5103121041 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 5103121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan, dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan Efikasi Diri, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Menggambar Teknik. Metode penelitian ini bersifat deskriktif korelasional, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 65 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan tabel Krejcie-Morgan dengan sampel 56 orang. Jumlah item pada angket Efikasi Diri sebanyak 30 item, terdapat 26 item yang valid dengan realibilitas 0,946 tergolong sangat tinggi. Untuk angket Motivasi Belajar sebanyak 30 item, terdapat 26 item yang valid dengan realibilitas 0,93 tergolong sangat tinggi. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Efikasi Diri dengan hasil belajar Menggambar Teknik (r = 0,438) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Belajar dengan hasil belajar Menggambar Teknik (r = 0,391). Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien determinasi antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik sebesar Ry.1,2 = 0,523. Hasil analisis Regresi ganda dan paralel Fhitung > Ftabel (9,980 > 3,168), dengan persamaan Regresi Ŷ = 31,358 + 0,275X1 + 0,226X2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 044 |
Keywords: | Efikasi diri; Motivasi belajar; Hasil belajar menggambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 08:55 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22616 |