Sitorus, Muliady (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN LAS DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS X SMK GBKP KABANJAHE KAB. KARO T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103321027 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. NIM. 5103321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
3. NIM. 5103321027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM. 5103321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 5103321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 5103321027 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 5103321027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 5103321027 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
12. NIM. 5103321027 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 5103321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Las Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada pokok bahasan las asetylin di kelas X SMK GBKP Kabanjahe T.A 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK GBKP Kabanjahe dengan subyek penelitian siswa kelas Xosm berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian model pembelajaran mind mapping (peta pikiran). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda untuk mengukur kemampuan belajar siswa dalam mencapai ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui peningkatan aktivitasnya dengan pengamatan daftar ceklist.
Berdasarkan hasil belajar tes awal siswa dari 32 orang jumlah siswa terdapat 7 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 21,875% sedangkan 25 siswa belum tuntas belajar dengan persentase 78,125% diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 49,0625. Kemudian hasil tes pada siklus I dimana dari 32 orang jumlah siswa terdapat 16 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 50% sedangkan 16 siswa belum tuntas belajar dengan persentase 50% diperoleh nilai rata-rata hasil belajar menjadi 63,75 maka dalam hal ini dilihat adanya peningkatan hasil belajar dari tes awal ke hasil belajar siklus I. Akan tetapi ini belum sesuai dengan target yang diteliti sehingga, penelitian dilanjutkan ke tahap siklus II yang dimana dari 32 orang jumlah siswa terdapat 26 siswa yang tuntas belajar dengan persentase 81,25% sedangkan 6 siswa belum tuntas belajar dengan persentase 18,75% maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 74,375. Dengan demikian pelaksanaan siklus ke II telah memenuhi target sehingga penelitian berakhir sampai pada siklus II selain itu, persentase kenaikan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga telah memenuhi target awal yaitu 81% siswa secara klasikal memperoleh nilai ≥70. Dari perolehan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran las dasar pada pokok bahasan las asetylin di kelas X SMK GBKP Kabanjahe Kab. Karo T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 057 |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran mind mapping (peta pikiran) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 08:16 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22612 |