Surbakti, Elpandi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Scientific Approach. Dengan strategi pembelajaran Scientific Approach ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P. 2013/2014.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P. 2013/2014 sebanyak 32 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Hasil dari menggunakan strategi pembelajaran Scientific Approach ini adalah Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 72,2% dan setelah dilakukan tindakan perbaikan strategi pembelajaran Scientific Approach pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 87.8%. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 15 orang (46,8%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 29 orang (90,6%) yang telah tuntas, sedangkan 3 orang (9,4%) masih belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 59,9% tergolong cukup Aktif, dan setelah dilakukan siklus II diperoleh rata-rata 76,17% tergolong aktif. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Scientific Approach dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif pada materi pokok menggunakan alat – alat ukur mekanik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 056 |
Keywords: | Strategi pembelajaran saintifik; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 03:18 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22600 |