Manurung, Lisbet (2015) PENGARUH METODE LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA ROK PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509143020 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 509143020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 509143020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 509143020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 509143020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 509143020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 509143020 TABLES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM. 509143020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 509143020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM. 509143020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM. 509143020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui tingkat kemampuan
siswa tentang pembuatan pola rok lipit hadap dengan menggunakan metode latihan
pada siswa kelas X TB 2 SMK Negeri 3 Pematang Siantar. (2). Untuk mengetahui
tingkat kemampuan siswa membuat pola rok lipit hadap dengan menggunakan
metode demonstrasi pada siswa kelas X TB 3 SMK Negeri 3 Pematang Siantar.(3).
Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar membuat pola rok lipit dengan
menggunakan metode latihan dan metode demonstrasi pada siswa kelas X TB 3
SMK Negeri 3 Pematang Siantar.Sampel penelitian diperoleh dengan teknik acak
yaitu dengan mengambil dua kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian
ini adalah kelas X TB-2 untuk metode latihan yang berjumlah 30 orang dan kelas
XTB-3 untuk metode demonstrasi yang berjumlah 30 orang sehingga jumlah
keseluruhan sampel adalah 60 orang yang sama-sama memperoleh pelajaran
membuat pola rok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian statistik parametris.
Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan
(α) sebesar 0,05. Pada kelas yang menggunakan metode latihan diperoleh Lhitung =
0,454 dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal,
pada pembelajaran siswa dengan metode demonstrasi diperoleh Lhitung = 0,010 dan
Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal. Untuk
menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh Fhitung
=1,02 dibandingkan dengan Ftabel = 1,89 berarti Fhitung<Ftabel (1,02 < 1,89) Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa varians data adalah homogen. Pengujian hipotesis
dengan uji t-test diperoleh harga thitung lebih besar dari harga ttabel (16,46>1,679).
dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya Hasil membuat pola
rok yang diajar dengan metode latihan lebih tinggi dari hasil membuat pola rok
dengan metode demonstrasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 2015 BUSANA 011 |
Keywords: | Demonstrasi, Hasil Belajar, Rok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 03:11 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22547 |