manurung, Elfrida (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MEMBUAT POLA BUSANA WANITA PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509343008 COVER.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2. NIM. 509343008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 509343008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 509343008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 509343008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM. 509343008 TABLES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 509343008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 509343008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM. 509343008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 509343008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 509343008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang terjadi dalam membuat pola busana wanita pada siswa kelas XI SMK yaitu Jumlah jam pelajaran yang lama membuat siswa merasa jenuh atau bosan, sering tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran berlangsung serta mata diklat produktif yang lebih menekankan pada aspek psikomotor membuat banyak siswa merasa kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui motivasi siswa dalam membuat pola busana pesta wanita remaja tanpa menggunakan model pembelajaran quantum learning pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran (2) Mengetahui motivasi belajar membuat pola busana pesta wanita remaja dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi belajar membuat pola busana pesta wanita remaja pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Experiment). Dengan menggunakan dua ubahan yaitu ubahan bebas dan ubahan terikat. Model pembelajaran quantum learning (X) merupakan ubahan bebas sedangkan Motivasi belajar membuat pola busana pesta wanita remaja (Y) merupakan ubahan terikat. Jumlah sampel 30 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Penelitian menggunakan instrumen yaitu angket. Untuk menguji pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi belajar membuat pola busana pesta wanita remaja digunakan uji-t. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 11,34 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan n = 60 sebesar 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel (11,34 > 1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan motivasi belajar membuat pola busana wanita pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 BUSANA 010 |
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Learning, Motivasi Belajar, Pola Busana Wanita |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 03:00 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22546 |