Falentina, D. Febrina (2015) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 508142017 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 508142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM. 508142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM. 508142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 508142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 508142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM. 508142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 508142017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 508142017 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 508142017 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM. 508142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Hasil observasi siswa kelas XI SMK Negeri 8 dalam membuat pola terdapat
beberapa masalah yaitu siswa kurang mampu menghitung rumus pola sehingga
memakan waktu dalam membuat pola, siswa masih mengalami kesulitan membuat
garis-garis melengkung seperti garis lingkar leher, lingkar kerung lengan, siswa
kurang mampu khususnya dalam membuat pola blus sesuai disain, siswa kurang aktif
dalam proses belajar mengajar, dan siswa tidak dapat menyelesaikan tugas tepat pada
waktunya. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan
metode konvensional siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan, (2) Untuk mengetahui
hasil belajar dalam membuat pola menggunakan metode drill siswa kelas XI SMK
Negeri 8 Medan, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar
membuat pola siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi
eksperimen (quasi experimental design). Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar pengamatan hasil belajar membuat pola blus. Uji persyaratan
analisis dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan
pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membuat pola blus dengan
menggunakan metode konvensional kategori kurang (39,39 %) dan hasil belajar
membuat pola blus dengan menggunakan metode drill kategori tinggi (93,93%).
Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α)
sebesar 0,05. Pada metode drill atau kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,44 dan
Ltabel = 0,886 diperoleh Lhitung(0,44) < Ltabel(0,886) maka terdistribusi normal, dan pada
metode konvensional atau kelas kontrol Lhitung = 0,3635 dan Ltabel = 0,886 diperoleh
Lhitung(0,3635) < Ltabel(0,886) maka terdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas
antara metode drill dan metode konvensional diperoleh fhitung = 0,403 dan ftabel = 1,82,
maka fhitung(0,403) < ftabel (1,82) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen.
Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis
penelitian diperoleh, thitung = 9,64 dan ttabel = 1,661 sehingga thitung > ttabel yang artinya
hipotesis alternatif diterima, dengan demikian hasil belajar membuat pola blus
dengan menggunakan metode drill lebih baik dari pada hasil belajar membuat pola
blus dengan menggunakan metode konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BUSANA 006 |
Keywords: | Belajar Membuat Pola, Coustum, Pita Ukuran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 09:32 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22542 |