Sembiring, Pintan Ulina (2015) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SISWA SMA DI POSKO PENGUNGSIAN BENCANA ERUPSI SINABUNG SMP NEGERI 2 SIMPANG EMPAT KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Pintan Ulina br Sembiring (5103142031) Cover.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
2. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
3. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Abstrak.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Bab I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
12. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. Pintan Ulina Br Sembiring (5103142031) Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui hubungan minat belajar siswa SMA dengan hasil belajar Keterampilan Siswa SMA, (2) untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua siswa SMA dengan hasil belajar Keterampilan Siswa SMA, (3) untuk mengetahui hubungan minat belajar siswa SMA dan dukungan orang tua dengan hasil belajar Keterampilan Siswa SMA. Desain penelitian bersifat deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di Posko Pengungsian SMP Negeri 2 Simpang Empat Kabanjahe, populasi penelitian ini adalah seuruh siswa kelas X yang mengungsi dengan jumlah sampel 60 siswa. Waktu penelitian dilakukan bulan Oktober-Desember. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk menjaring data minat belajar dan dukungan orang tua untuk hasil belajar keterampilan dilakukan dengan pengamatan teknik pembuatan ikan asin. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar, dukungan orang tua dan hasil belajar Keterampilan, ketiga variabel termasuk dalam kategori cenderung kurang dengan masing-masing nilai (51,67;50%;51,67%;). Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Keterampilan dengan nilai (ry.1= 0,94>rt= 0,25; 5%) dan dukungan orang tua dengan hasil belajar Keterampilan dengan nilai (ry.2=0,93>rt =0,25; 5%). Berdasarkan uji korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan dukungan orang tua dengan hasil belajar Keterampilan dengan nilai R=0,97 sehingga diperoleh Ftabel= 4,00 dan Fhitung= 4,46 dimana Fhitung > Ftabel (4,46>4,00) sehigga koefisien korelasi ganda pada taraf signifikan 5% berarti. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi minat belajar dan semakin besar dukungan orang tua maka semakin baik hasil belajar keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BOGA 006 |
Keywords: | Minat Belajar, Keterampilan, Dukungan Orang tua |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 08:04 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22475 |