Derlina (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 MEDAN. In: Semirata 2014 Bidang MIPA BKS-PTN-Barat, 9-11 May 2014, Bogor.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, tingkat kemampuan berpikir dan interaksinya terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang yang ditentukan secara acak. Disain penelitian adalah disain faktorial 2x2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar fisika siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, (2) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kemampuan berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa SMA, (3) Hasil belajar fisika siswa SMA dengan tingkat kemampuan berpikir formal yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, (4) Hasil belajar fisika siswa SMA dengan tingkat kemampuan berpikir konkrit dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry training sesuai untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir formal dan model pembelajaran direct instruction sesuai untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir konkrit.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Kemampuan berpikir; Hasil belajar; Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 04:49 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22460 |