POTRET IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP KECAMATAN PATUMBAK SUMATERA UTARA

Derlina and Srijayanti, Putri (2016) POTRET IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP KECAMATAN PATUMBAK SUMATERA UTARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 05 (02). pp. 141-152. ISSN 2503-023X

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA di SMP se-kecamatan Patumbak T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII masing-masing SMP T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 25% dari jumlah keseluruhan SMP Se-Kecamatan Patumbak yaitu SMPN 1 Patumbak, SMPS Madani Marindal, SMPS Ponpes Al-Husna dan SMPS IT Rahmat. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, catatan harian wawancara dan angket (kuesioner) yang dibantu oleh satu observer.Dari hasil penelitian diperoleh jumlah nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan setiap sekolah SMP, yaitu pada SMP Negeri 1 Patumbak menerapkan 9 nilai karakter dengan persentase 50%, SMP Swasta Madani Marindal 1 menerapkan 11 nilai karakter dengan persentase 55%, SMP Swasta Ponpes Al-Husna menerapkan 13 nilai karakter dengan persentase 72%, dan SMP Swasta IT Rahmat menerapkan 9 nilai karakter dengan persentase 50%.

Item Type: Article
Keywords: Pendidikan karakter; Perangkat pembelajaran; Guru; Ilmu pengetahuan alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:28
Last Modified: 09 Jan 2017 03:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item
View Item