Derlina and Nasution, Lia Afriyanti (2016) EFEK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL DAN KREAKTIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXV (02). ISSN 0216-1370
Reviewer.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantuan media visual dan kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Amir Hamzah Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas kontrol dibelajarkan secara konvensional. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur. Instrumen penelitian terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media visual lebih baik dari yang dibelajarkan secara konvensional. (2) Keterampilan proses sains siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik dari siswa dengan kreativitas rendah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Inquiry training; Model pembelajaran; Kreativitas; Media visual; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:24 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22413 |