Siahaan, Evlin Lady (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELUKIS DENGAN MEDIA KANVAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X IPA-1 SMA NEGERI 1 KOTAPINANG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6. NIM. 208351007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB)
10. NIM. 208351007 BAB 1.pdf - Published Version
Download (0B)
1. NIM. 208351007 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB)
3. NIM. 208351007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM. 208351007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
9. NIM. 208351007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 208351007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (0B)
15. NIM. 205351007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (0B)
14. NIM. 205351007 BAB 5.pdf - Published Version
Download (0B)
5. NIM. 208351007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM. 208351007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM. 208351007 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Belajar Melukis dengan Media Kanvas Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas X IPA-1 SMA Negeri Kotapinang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotapinang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling dan diperoleh kelas X berjumlah 32 siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama III sisklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan dan masing-masing 40 menit. Data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar, instrument tersebut merupakan tes melukis dengan pewarna cat minyak, dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa pada saat pre tes sebelum diberikan 53.12% dan dinyatakan masih belum tuntas belajar. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 46.62% dengan tingkat ketuntasan belajar 53.12% yang memiliki hasil nilai baik, pada siklus II nilai rata-rata kelas juga meningkat menjadi 40.62% kelas juga semakin meningkat dengan tingkat ketuntasan 59.37% yang memiliki hasil belajar baik dan Siklus III nilai rata-rata10 % kelas juga semakin meningkat dengan tingkat ketuntasan 60% yang memiliki hasil belajar baik nilai sangat baik.
Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar melukis dengan media kanvas menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas X IPA-1 SMA Negeri 1 Kotapinang T.A 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 RUPA 008 |
Keywords: | Hasil Belajar, Seni Lukis, Pendekatan, Contekstual, Teaching, Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > ND Painting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2016 07:54 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22395 |