Kustyaningsih, Suci (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK DALAM ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SERBAJADI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menemukan ide pokok. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIISMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XII IPS A dan XII IPS B yang masing-masing berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda tes.
Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 82,23, standar deviasi = 12,22 sedangkan kemampuan menemukan ide pokok dalam artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,60, standardeviasi = 13,27. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah tosebesar3,62. Selanjutnya to diketahui, kemudian di konsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5%dengan df=N-1= 35-1 = 34 dari df = 35diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 3,62> 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif diterapkan terhadap kemampuan menemukan ide pokok siswa kelas XII SMA Negeri 1 Serbajadi Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 017 |
Keywords: | Model pembelajaran inkuiri; Ide pokok; Artikel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 04:04 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22321 |