Andini, Sri (2015) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 10 KISARAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7111141021 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 7111141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
4. NIM. 7111141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 7111141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
5. NIM. 7111141021 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM. 7111141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 7111141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 7111141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 7111141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
13. NIM. 7111141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 7111141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa
dan kurangnya minat belajar siswa di dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Hal
ini bisa disebabkan adanya faktor dari guru serta kurangnya perhatian orang tua
terhadap prestasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa
SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4
kelas dengan jumlah siswa 160 orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 40
orang siswa. Teknik pengambilan sampel dari setiap kelas dilakukan dengan
menggunakan sistem random sampling. Instrumen yang digunakan untuk
mengukur pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa berupa angket
dan untuk mengukur prestasi belajar siswa diperoleh dari DKN. Validitas diuji
dengan menggunakan korelasi product moment, besarnya pengaruh antara
variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan rumus korelasi ganda.
Dari perhitungan antara variabel perhatian orang tua (X1) terhadap prestasi
belajar siswa (Y) diperoleh thitung=7,262 sedangkan ttabel=1,685 pada taraf
signifikan 95% dan α=0,05, derajat kebebasan (dk) 1:38 ternyata thitung>ttabel
(7,262>1,685). Dengan demikian hipotesis pertama dapat diterima yaitu ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi
belajar siswa SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran T.P 2014/2015. dari
perhitungan antara variabel minat belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y)
diperoleh thitung = 8,683 sedangkan ttabel = 1,685 pada taraf signifikan 95% dan
α=0,05, derajat kebebasan (dk) 1:38 ternyata thitung>ttabel (8,683>1,685). Dengan
demikian hipotesis kedua dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta
Muhammadiyah 10 Kisaran T.P 2014/2015. Dari perhitungan antara variabel
perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh
Fhitung=76,528 sedangkan Ftabel = 3,25 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05
dengan derajat kebebasan 2:37 ternyata Fhitung>Ftabel yaitu (76,528>3,25), dengan
demikian hipotesis ketiga dapat diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar
siswa SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran T.P 2014/2015, dari perhitungan
diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,805, yang berarti 80,5% prestasi
belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 003 |
Keywords: | Perhatian Orang Tua, Minat Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 04:32 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22263 |