Adhiaty,, Siti Laila Rahmi (2015) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 10 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7111141020 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 7111141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
4. NIM. 7111141020 ABSTSRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 7111141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM. 7111141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 7111141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 7111141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 7111141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 7111141020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
13. NIM. 7111141020 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 7111141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
15. NIM. 7111141020 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di
SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi
belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi sumbangan bagi pihak
sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan
informasi mengenai prestasi belajar mata pelajaran kearsipan kelas X AP dilihat
dari sudut pandang kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi
belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran yang
beralamat di Jln. Madong Lubis no. 8 Kisaran dengan mengambil sampel
sebanyak 40 siswa yang diambil secara acak dari 160 siswa, dan instrumen yang
digunakan untuk mengukur kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berupa
angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi
product moment dengan hasil dari 20 instrumen kreativitas belajar terdapat 17 soal
yang valid dan 3 soal yang tidak valid. Instrumen motivasi berprestasi dari 20
instrumen terdapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes
diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas
kreativitas belajar dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,887 > 0,361 dan untuk
reliabilitas motivasi berprestasi dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,898 > 0,361.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan
alpha 5 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan kreativitas belajar berpengaruh
secara positif dan signifikan dimana thitung > ttabel yaitu sebesar 9,251 > 1,685. Dan
motivasi berprestasi berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung > ttabel
yaitu sebesar 10,174 > 1,685. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan
bahwa variabel kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta
Muhammadiyah 10 Kisaran. Dengan nilai Fhitung sebesar 34,615. Dimana Fhitung >
Ftabel yaitu 34,615 > 3,25.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar dan
motivasi berprestasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 002 |
Keywords: | Kreativitas Belajar, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 04:28 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22262 |