Nurhayati, Siti (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL SISWA KELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P.2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7111541018 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7111541018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM. 7111541018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 7111541018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM. 7111541018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 7111541018 TABLE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 7111541018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 7111541018 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 7111541018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 7111541018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 7111541018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
15. NIM. 7111541018 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa
kelas X SMAN Unggul Subulussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran PBL
dan PjBL siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P.2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Unggul Subulussalam yang beralamat di
Jalan Syekh Hamzah Fansuri, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam –
Aceh, pada tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam yang berjumlah 99 orang. Tekhnik
pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik random sampling dimana
sampelnya terdiri dua kelas eksperimen yang masing – masing 32 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif
tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai
mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar
siswa kelas PBL 80,16 dengan standar deviasi 9,79 dan nilai mean kelas PjBL
75,47 dengan standar deviasi 8,45. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar
menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan
uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan
Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,048 dan ttabel = 1,99.
Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,048 > 1,99 dengan
kata lain Ha diterima dan H0 di tolak.
Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan positif dan signifikan hasil belajar
ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL siswa kelas X
SMAN Unggul Subulussalam T.P.2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran PBL, model pembelajaran PjBL, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:43 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22240 |