PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL SISWA KELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P.2014/2015

Nurhayati, Siti (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL SISWA KELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P.2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7111541018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7111541018 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7111541018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7111541018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7111541018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7111541018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7111541018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7111541018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7111541018 TABLE OF  CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7111541018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7111541018 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7111541018 TABLE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7111541018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7111541018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7111541018 APPANDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7111541018 APPANDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7111541018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7111541018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7111541018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7111541018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7111541018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7111541018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 7111541018 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 7111541018 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa
kelas X SMAN Unggul Subulussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran PBL
dan PjBL siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P.2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Unggul Subulussalam yang beralamat di
Jalan Syekh Hamzah Fansuri, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam –
Aceh, pada tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam yang berjumlah 99 orang. Tekhnik
pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik random sampling dimana
sampelnya terdiri dua kelas eksperimen yang masing – masing 32 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif
tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai
mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar
siswa kelas PBL 80,16 dengan standar deviasi 9,79 dan nilai mean kelas PjBL
75,47 dengan standar deviasi 8,45. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar
menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan
uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan
Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,048 dan ttabel = 1,99.
Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,048 > 1,99 dengan
kata lain Ha diterima dan H0 di tolak.
Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan positif dan signifikan hasil belajar
ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL siswa kelas X
SMAN Unggul Subulussalam T.P.2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 EKO 006
Keywords: Model Pembelajaran PBL, model pembelajaran PjBL, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Dec 2016 02:43
Last Modified: 21 Dec 2016 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item
View Item