Naibaho, Astika Nanda (2015) PERANAN GURU PKn DALAM PEMBINAAN MORAL SISWAKELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover nanda.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Lembar pengesahan dan persetujuan.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
KATA PENGANTAR NANDA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Bab 1.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
BAB 5.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru PKn dalam membina
moral siswa kelas VII di SMPN 27 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini
menggunakan teknik metode penelitian deskriptif kulaitatif. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 200 orang dan yang
menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dengan mengambil 10% dari jumlah
populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Yang menjadi alat
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi,
wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus tabel frekuensi.
Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan guru PKn dalam
membina sikap moral terhadap siswa kelas VII di SMPN 27 Medan Tahun Pelajaran
2013/2014 sudah berperan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat bagaimana sikap
siswa sehari-hari di sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah menunjukkan
75%-100% guru sudah berperan dalam membina sikap moral siswa. Dalam hal ini
guru PKn harus meningkatkan terus peranan mereka sebagai guru PKn yakni dalam
menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta
didiknya, maapu menciptakan karakter siswa yang baik sesuai dengan tujuan
pengajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKn 001 |
Keywords: | Guru,PKn,Pengertian Moral |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K3154 Constitutional law L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 07:35 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22192 |