Sitorus, Marham (2009) INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH KIMIA ORGANIK HETEROSIKLIK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 04 (02). pp. 52-55. ISSN 1907-7157
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Fenomena klasik yang secara umum terjadi pada dunia pendidikan termasuk Perguruan Tinggi adalah prestasi belajar yang cenderung menurun, fluktuatif atau stagnan pada posisi rendah dengan akar permasalahan yang klasik yaitu PBM kurang optimal dan prasarana serta sumber pembelajaran yang kurang optimal. Agar prestasi belajar cenderung naik dalam posisi baik maka perlu kajian pengoptimalan PBM melalui inovasi model-model pembelajaran. Pada penelitian Teaching Grand ini telah dikaji inovasi model-model pembelajaran untuk mata kuliah Kimia Organik Heterosiklik yaitu model pembelajaran : [1]. berbasi media (peta konsep), [2]. berbasis media komputasi (Hyper-Chem) dan [3]. berbasis ketrampilan proses (praktikum). Hasil yang diperoleh adalah prestasi belajar naik (pencapaian nilai A naik dari 13,0% menjadi 25,0% berdasarkan indikator nilai tiga tahun terakhir) dan masing-masing mahasiswa dapat menyusun model proposal penelitian untuk tugas akhir berdasarkan jurnal yang diakses untuk keperluan ketrampilan proses (praktikum) dan menghasilkan satu produk Buku Ajar Kimia Organik Heterosiklik yang representatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Inovasi; Kimia organik; Heterosiklik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 03:18 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22175 |