Fernandes, Tomy (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBENTUKAN BUMI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 KABANJAHE T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3103131072 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 3103131072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
5. NIM. 3103131072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
3. NIM. 3103131072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 3103131072 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM. 3103131072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 3103131072 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 3103131072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 3103131072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
10. NIM. 3103131072 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
15. NIM. 3103131072 CHAPTER 6.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
16. NIM. 3103131072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual pada materi pembentukan bumi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2014/2015. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual pada materi pembentukan bumi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kabanjahe T.A 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) teknik observasi, dan (2) teknik komunikasi tidak langsung dengan alat: postest dalam bentuk multiple choice dan lembar kerja siswa (LKS). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa sebesar 0,33 (10,93%) dari rata-rata sebesar 1,91 (63,70%) di siklus I menjadi 2,24 (74,63%) di siklus II dengan rata-rata seluruh aktivitas 2,24 atau dikategorikan baik melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual pada materi pembentukan bumi. (2) hasil belajar siswa dari total 36 siswa di kelas X IPS 2, pada siklus I terdapat 22 siswa (61,11 %) yang tuntas dan 14 siswa (38,89%) yang tidak tuntas. Pada siklus II terdapat 32 siswa (88,89%) yang tuntas dan 4 siswa (11,11%) yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari 22 siswa (61,11%) di siklus I dan 32 siswa (88,89%) di siklus II yang dapat dilihat dengan bertambahnya 10 siswa (27,78%) yang tuntas.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan media Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 008 |
Keywords: | Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 05:25 |
Last Modified: | 13 Dec 2016 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22105 |