Azhar (2011) KAREKTERISTIK FISIKA DAN REALITA PENDIDIKAN FISIKA NASIONAL. Jurnal Tabularasa, 8 (2). pp. 172-192. ISSN 1693-7732
TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011Azhar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Fisika merupakan bidang ilmu bagian dari sains atau IPA yang merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Pendidikan fisika berpotensi untuk memainkan peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia, karena melalui pendidikan fisika diharapkan dapat ditumbuhkan kemampuan berfikir logis, rasional, analisis, dan kritis pada siswa. Fisika dalam pembelajaran menyangkut tiga aspek yaitu aspek proses, aspek produk, dan aspek sikap ilmiah (scientific attitude) pada individu pembelajar. Proses (process or methods) dalam sains (fisika) adalah kegiatan yang meliputi observasi, membuat hipotesis, merencanakan eksperimen, evaluasi data pengukuran, dan sebagainya. Produk (product) dalam fisika merupakan hasil dari proses yang berbentuk fakta konsep, prinsip, teori, hukum, dan sebagainya. Sikap ilmiah (scientific attitude) merupakan perilaku-perilaku individu yang menyangkut percaya diri, menilai secara objektif dan jujur, tanggung jawab dan terbuka. Dalam proses pembelajaran, hendaknya guru memulai dari hal yang konkret dilanjutkan ke hal yang abstrak. Kemudian dari hal mudah, yang dekat dengan lingkungan siswa ke hal yang sulit yang bersifat teoritis.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran fisika; Proses; Produk; Sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 10:25 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 10:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/221 |