Silalahi, Romaito (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_4123111071_COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2_4123111071_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3__4123111071_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4_4123111071_PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5_4123111071_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6_4123111071_LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7_4123111071_LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8_4123111071_LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9_4123111071_ CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13_4123111071_ CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14_4123111071_REFERENCES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share yang
diterapkan pada subpokok bahasan jarak dalam ruang dan sudut dalam ruang di
kelas X SMA Negeri 14 Medan T.A 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini
adalah 34 siswa kelas X-8 SMA Negeri 14 Medan dan objek penelitian ini adalah
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada subpokok bahasan jarak
dalam ruang dan sudut dalam ruang. Instrumen yang digunakan untuk
memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I
terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Kriteria
keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase ketuntasan klasikal
85% dan pengelolahan pembelajaran termasuk dalam kategori baik atau sangat
baik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa mengalami peningkatan untuk
setiap aspek kemampuan komunikasi matematis setelah siklus II dilaksanakan.
Hasil analisis data pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif
tipe Think-Pair-Share menunjukkan tingkat rata-rata kemampuan pada aspek
menggambar sebesar 68,57 dengan kategori sedang, pada aspek menjelaskan
sebesar 51,29 berada pada kategori sangat rendah dan pada aspek ekspresi
matematika sebesar 63,05 dengan kategori rendah. Hasil analisis data akhir siklus
II dengan pembelajaran yang sama diperoleh peningkatan, yaitu rata-rata
kemampuan pada aspek menggambar 81,80 dengan kategori tinggi, pada aspek
menjelaskan 65,53 dengan kategori sedang dan pada aspek ekspresi matematika
sebesar 80,33 dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan
komunikasi matematis siswa pada siklus I sebesar 58,64 meningkat menjadi 76,63
pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 47,06%
meningkat pada siklus II menjadi 85,29%. Dari hasil observasi pengelolahan
pembelajaran pada siklus I, diperoleh bahwa pengelolahan pembelajaran berada
pada kategori baik (2,9) dan meningkat pada siklus II menjadi sangat baik (3,27).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa pada subpokok bahasan jarak dalam ruang dan sudut dalam
ruang di kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: komunikasi matematis, Think-Pair-Share
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 111 |
Keywords: | Komunikasi;Model Pembelajaran Kooperatif;Jarak dalam Ruang & Sudut dalam ruang |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 08:42 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22040 |