Elvira, Pricilla Ayu (2016) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR TERKAIT MATERI POKOK PORIFERA JENJANG PENDIDIKAN SMA SESUAI STANDAR KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141019_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4121141019_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4121141019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 4121141019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4121141019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 4121141019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 4121141019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4121141019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 4121141019_BAB I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
13. NIM. 4121141019_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 4121141019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan proses pengembangan desain pembelajaran dalam menghasilkan
produk berupa tujuan pembelajaran, kartu soal dan strategi pembelajaran yang
digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran terkait materi pokok
Porifera di kelas X SMA/MA sesuai standar isi dan standar proses kurikulum
2013. Prosedur pengembangan mengacu pada model Dick and Carey yang terdiri
dari 10 tahap dan dibatasi menjadi 6 tahap yang terdiri dari: (1) Mengidentifikasi
Tujuan Pembelajaran (2) Melakukan Analisis Pembelajaran (3) Analisis Siswa
dan Kondisi Siswa (4) Menulis Tujuan Kinerja (5) Mengembangkan Instrumen
Penilaian dan (6) Pengembangan Strategi Pengajaran. Kualitas produk
pengembangan dinilai berdasarkan aspek kevalidan melalui penilaian yang
dilakukan oleh 2 orang ahli dan 2 orang praktisi. Instrumen yang digunakan untuk
memperoleh data kualitas produk yang dikembangkan menggunakan lembar
penilaian tujuan pembelajaran, lembar penilaian kartu soal, dan lembar penilaian
strategi pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi, produk tujuan
pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor 94%, produk kartu soal yang
dikembangkan mendapat skor 85% dan produk strategi pembelajaran yang
dikembangkan mendapat skor 89%. Masing-masing produk mendapat kriteria
valid dan kategori sangat baik. Dengan berpedoman dari hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah mendapat penilaian baik
dari ahli dan praktisi dan produk yang dikembangkan telah sesuai dengan standar
kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 158 |
Keywords: | Pengembangan desain pembelajaran, Materi pokok Porifera, Standar kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 07:59 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22033 |