Sihombing, Irvan (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 31233131026_COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. NIM 3123131026_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM 3123131026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 3123131026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 3123131026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM 3123131026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 3123131026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 3123131026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 3123131026_BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM 3123131026_BAB VI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
15. NIM 3123131026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 115 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 03:31 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22014 |