Sembiring, Sabarnna (2011) SUATU ANALISIS PENGAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG AFIKSASI. Jurnal Tabularasa, 8 (2). pp. 161-171. ISSN 1693-7732
TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011cover.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
TABULARASA VOL 8 NO 2 DES 2011Sabarama Ginting1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Untuk meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya dan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada khususnya maka materi pelajaran menulis sangat sesuai digunakan sebagai salah satu bagian dari materi pelajaran tersebut. Sebab dengan jalan mendramalisasikan sebuah masalahnya atau ruang lingkupnya akan mudah cara penyelesaiannya, selain menarik pada siswa juga menimbulkan daya ingat yang baik bagi mereka. Namun sangat disesalkan karena pelajaran tentang afiks mempunyai waktu belajar yang singkat. Hal ini hendaknya menjadi perhatian dari pihak yang berwenang. Melalui pengajaran afiks maka aturan/kaidah-kaidah yang terdapat dalam tatabahasa Indonesia dapat lebih baik, untuk dipahami oleh siswa sesuai yang terdapat dalam kurikulum. Agar materi pengajaran afiks lebih berdaya dan berhasil guna, alangkah baiknya bila materi pelajaran ini tidak hanya diberikan di kelas saja akan tetapi dapat ditambah di luar sekolah. Mengingat semua hal itu, penulis beranggapan bahwa pengajaran afiks khususnya afiks/ter/dan/ke-an/ berdasarkan kurikulum pantas menjadi perhatian di mana salah satu unsurnya dapat merubah arti.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Analisis; Afiksasi; Kalimat benar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PJ Semitic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Mar 2016 10:22 |
Last Modified: | 29 Mar 2016 10:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/220 |