Pulungan, Khoiruddin (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TIPTL DI SMK SWASTA BUDHI DARMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122131006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 5122131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (953kB) | Preview
3.NIM 5122131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 5122131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 5122131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
6. NIM 5122131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7. NIM 5122131006 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 5122131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9.NIM 5122131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13.NIM 5122131006 CHAPETR V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14.NIM 5122131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar instalsi motor listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pairs-share (TPS) pada siswa kelas XI TIPTL di SMK swasta budhi darma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas XI TITL SMK Swasta Budhi Darma, berjumlah 2 kelas, kelas TIPTL 1 Berjumlah 33 orang dan kelas TIPTL 2 berjumlah 33 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS), dan kelas kontrolnya (menggunakanmodel pembelajaran ekspositori).
Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar Instalasi Motor Listrik. Nilai rata-rata post test siswa pada Kelas eksperimen sebesar 20,57 dan kelas control sebesar 15,81. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0.0124 dan Ltabel sebesar 0,154 karena Lhitung<Ltabel atau 0.0124 < 0,154 maka data instrument pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar -0,13077 dan Ltabel sebesar 0,154 maka data instrument pada kelas control pada kategori normal. Dan Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen) sebesar 1,94 dan Ftsebesar 2,31, karena Fhitung<Ftabel 1,94<2,31maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS) dengan (menggunakan model pembelajaran ekspositori) dilihat dari thitung 8,5 yang lebih besar dari ttabel 1.66, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 043 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Karakteristik pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 02:19 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21963 |