Astuti, Yeti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL DASAR ANTARA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA AL MA’SHUM KISARAN BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122131012 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 5122131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (801kB) | Preview
3. NIM. 5122131012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 5122131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5. NIM. 5122131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 5122131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5122131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5122131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5122131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 5122131012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 5122131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Elektronika Analog Dan Digital Dasar Antara Menerapkan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Barat. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X-1 TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 TKJ sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 34 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (20) dengan standar deviasi 3,67 dan skor rata-rata pada kelas kontrol (19) dengan standar deviasi 2,8. Pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran Elaborasi dan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (79,41) dan kelas kontrol (76,47).
Dari hasil pengolahan data diperoleh thitung = 16,66 dan ttabel = 1,669 maka thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu model pembelajaran Elaborasi memperoleh hasil belajar Elektronika Analog dan Digital Dasar yang lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X TKJ SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 050 |
Keywords: | Hasil belajar; Elektronika analog; Digital dasar; Model pembelajaran elaborasi; Model pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 02:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21960 |