PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN RANGKAIAN LOGIKA DASAR KELAS X TITL SMK N 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Manalu, Irma Agustina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN RANGKAIAN LOGIKA DASAR KELAS X TITL SMK N 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5123331021 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5123331021 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 512331021 APPROVAL OF SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 512331021 APPROVAL OF SHEET.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5123331021 ABSRTACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5123331021 ABSRTACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 5123331021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 5123331021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5123331021 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5123331021 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 5123331021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM 5123331021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5123331021 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5123331021 TABLES.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5123331021 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5123331021 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5123331021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5123331021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 512331021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 512331021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5123331021 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5123331021 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah adalah pembelajaran konvensional yang pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa mendeskripsikan rangkaian logika dasar kelas X TITL SMK N 2 Medan dengan membandingkan hasil belajar TAI dengan konvensional. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen dilakukan perlakuan eksperimen dengan model pembelajaran TAI, sedangkan pada kelas kontrol, siswa dibiarkan belajar dengan model konvensional. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen dimana tidak ada perbedaan secara khusus. Penentuan kelas dilakukan secara acak, dan kelas eksperimen adalah kelas X TITL 1 dengan jumlah siswa 29 orang dan kelas kontrol adalah kelas X TITL 5 dengan jumlah siswa 29 orang. Jadi, total siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 58 orang. Berdasarkan analisis data pada kompetensi dasar mendeskripsikan rangkaian logika dasar, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model TAI lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional. Skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 22.4 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 19.7. Untuk menguji kenormalan data digunakan uji lilliefors pada taraf nyata 5%. Hasil pengujian bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk kategori normal dimana Lhitung < Ltabel,yaitu 0.160 < 0.168 untuk kelas eksperimen dan 0.124 < 0.168 untuk kelas kontrol. Uji homogenitas memperoleh nilai Fhitung sebesar 1.68 dan Ftabel 1.87 menunjukkan bahwa sampel bersifat homogen. Hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 5% menunjukkan nilai thitung = 2.94 dengan nilai ttabel = 1.67. Nilai thitung > ttabel yang berarti bahwa hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ELK 044
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Kompetensi dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Dec 2016 10:22
Last Modified: 06 Dec 2016 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item
View Item