PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PATOLOGI ANATOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI SI KEPERAWATAN DI DEPARTEMEN PATOLOGI ANATOMI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

Intan, Tengku Kemala (2006) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PATOLOGI ANATOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI SI KEPERAWATAN DI DEPARTEMEN PATOLOGI ANATOMI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 015020090 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
015020090 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 015020090 Abstrak.pdf]
Preview
Text
015020090 Abstrak.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[thumbnail of 015020090 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
015020090 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[thumbnail of 015020090 Bab I.pdf]
Preview
Text
015020090 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015020090 Bab V.pdf]
Preview
Text
015020090 Bab V.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview
[thumbnail of 015020090 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
015020090 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar patologi anatomi mahasiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran partisipatif dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal rnahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa. flipotesis Warn penelitian ini adalah : (1) ada perbedaan basil belajar patologi anatorni rnahasiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran partisipatif dengan strategi pernheiajaran loanvensional, (2) Ada interaksi anlara strategi pembelajaran dan kemampuan awal mahasiswa tcrhadapa hasil bclajal- patologi anatomi, bila: (a) strategi pembelajaran padilsipittif mcrnhcrikan basil belaiar lehih tinggi bagi mahasiswa berkemampuan awal tinggi dibandingkan dengan yang berkmampuan rendah. (b) strategi pembelajaran konvenisional memberikan hasil lebih tinggi bugi mahasiswa berkemarnpuan awal rendah dibandingkan dengan tinggi berkermanpuan.Dilakukan dengan kernampaan awal tinggi dibandingkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Si Keperawatan Departemen Patologi Anatomi 1(c:di:AI:ran USLT Medan. Sumatra utara dengan menggunakan metode eksperirnen semu dengan desain factorial 2x2 dan sample berjumlah 77 orang. Intsrumen penelitilan regiorinal test berbentuk pilihan ganda dengan 4 armerkjaring data k....:11atilpixari awal mahwiswa digunakan testke:a2Inrvtlal av,al raahasibwa utak t-criun-dah 41 hutir vane metniliki reabilitas0,851; sedangkaii untuk tnenjarina data hasil belajar patolog; anatom rithr:L.a:n 44analisis data incrigganakan A 1� A )1 Aa1i untui. jall;aa ;a iil•AiIjItl.kar,dengari uji Schelfe pada taraf signifikansi a = 5%.Pengujian llipotesis dengari ANAVA 2x2 menuniukkan bahwa: (1) ada perbedaan rata-rata skor basil balajar palologianaturn: :::uza sane ; rnahasiswa yang diajarkan dengan tra pend,elujarun paripalif Jan ya;-,diaiarkan dengan strateri rembeiaj-aran panihzlajaran denganmahazi: hvirdal patoloEi anatorni mahasiswa t`rogram )L USU kota Medan F 2i.?X bahwa : rata-rata skorberkemarnpuan awal tinggi lebih baik jika diajarkan dengan strategi pembelajaran11

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Int p
Keywords: Hasil Belajar; Patologi Anatomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item
View Item