Damanik, Mahrum H. (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH 8 PADA KOMPETENSI MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIC/MSPEM DI KELAS XI SMK N 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 509 131 023 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
02. NIM 509 131 023 APPROFAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
03. NIM 509 131 023 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. NIM 509 131 023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
05. NIM 509 131 023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
06. NIM 509 131 023 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
07. NIM 509 131 023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
08. NIM 509 131 023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
12. NIM 509 131 023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
13. NIM 509 131 023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif yang dirancang sebagai media pembelajaran efektif bagi siswa.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 25 orang. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis media interaktif pada pelajaran mengoperasikan sistem pengendali electromagnetic yang dikemas dalam bentuk CD interaktif dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, dan evaluation).
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi didapat rata-rata peresentase validasi sebesar 93,33% dengan kategori sangat baik, serta pengujian yang dilakukan kepada 25 siswa mendapatkan respon yang sangat baik dan didapat ketertarikan siswa terhadap media adalah dengan rata-rata 83,13% dengan kategori sangat baik, maka media pembelajaran yang dirancang dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 073 |
Keywords: | Media pembelajaran; Macromedia flash 8; Elektromagnetik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 10:09 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21948 |