Pohan, Prillia Ningsi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123331027 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
02. NIM 5123331027 APPROVAL SHEEET.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
03. NIM 5123331027 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
04. NIM 5123331027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
05. NIM 5123331027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
06. NIM 5123331027 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 5123331027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
08. NIM 5123331027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
012. NIM 5123331027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
013 NIM 5123331027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media pembelajaran interaktif Teknik Elektronika Dasar dan materi pokok Rangkaian Flip-flop. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sulitnya siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan memahami mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan media yang digunakan pendidik masih berupa media presentasi biasa, penggunaannya masih terbatas, terlalu sederhana dan kurang interaktif. Media yang digunakan pendidik tersebut belum dilengkapi dengan evaluasi soal dan penilaian untuk mengetahui kemampuan siswa. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi dan dapat memberikan umpan balik kepada siswa. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran Hannafin and Peck.
Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar4,3 dan dinyatakan “sangat baik/layak” dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,39 dan dinyatakan “sangat baik/layak”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian I memiliki rata-rata sebesar 4,51 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian II memiliki rata-rata sebesar 4,47 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pe mbelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan dan layak untuk dijadikan media pembelajaran materi Menguji Macam-macam Rangkaian Flip-flop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 049 |
Keywords: | Pembelajaran; Komponen pembelajaran; Materi pembelajaran; Media pembelajaran; Evaluasi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 10:05 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21947 |