Anggara, Eko (2016) UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PUKULAN SERVIS PENDEKFOREHAND PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X MA TAMAN PENDIDIKAN ISLAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.6123311025. CAPER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2.6123311025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3.6123311025. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4.6123311025. KATAPENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5.6123311025. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6.6123311025. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7.6123311025. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8.6123311025. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9.6123311025. BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13.6123311025. BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14.6123311025. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar Forehand service
dalam permainan bulutangkis dengan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X MA
Taman Pendidikan Islam Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X dengan jumlah siswa 24 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran
melalui gaya mengajar resiprokal.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes
awal, tes hasil belajar I dan hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis pendek
forehand bulutangkis sebanyak 2 kali pertemuan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : dari tes hasil belajar sebelum
menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre test) diperoleh 9 siswa (38.24%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (61.76%) belum mencapai tingkat
ketuntasan belajar. Dari tes hasil belajar dengan gayamengajar resiprokal di siklus I diperoleh
13 siswa (55.88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 siswa
(44.12%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dari tes hasil belajar di siklus II
diperoleh siswa 20 siswa (82.35%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4
siswa (17.65%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa
terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,11 dan
peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 26,47%. Berdasarkan analisis data dapat
dikatakan bahwa melalui pembelajaran gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil
belajar Forehand service dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X Taman Pendidikan
Islam Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 020 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Bulutangkis; Gaya Mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 03:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21927 |