Rifaai, Rohmat (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
02. SURAT PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
06. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
07. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
passing sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pegajahan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri
dari 30 siswa. Laki-laki 20 orang dan perempuan 10 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam
masih rendah yaitu 9 orang siswa (30%) yang telah mencapai ketuntasan belajar
sedangkan 21 orang siswa (70%) belum mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya
diberi pembelajaran passing menggunakan kaki bagian dalam melalui pendekatan
bermain. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus
I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 21
siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (70%) yang telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar, sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 9 siswa
dengan ketuntasan belajar klasikal (30%). Ini berarti ketuntasan belajar klasikal
>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa
perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan
dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II
dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30
orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar (86,66%) dengan
nilai rata-rata 88,69 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa (13,33%). Ini
berarti ketuntasan belajar secara klasikal >85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam
permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pegajahan Tahun
Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 042 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Sepak Bola; Passing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 03:43 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21925 |