Kusuma, Rangga Hari (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311072_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 6123311072_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
3. NIM. 6123311072_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 6123311072_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 6123311072_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 6123311072_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6123311072_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 6123311072_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 6123311072_BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM. 6123311072_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 6123311072_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
shooting sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri
dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
portofolio dan lembar observasi.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik dasar shooting. Setelah siklus I dilaksanakan maka
diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 17
siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 67,9 dan siswa
yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal
43,3%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu
peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan
peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama
perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh
peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa
yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 76,46% dan siswa
yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,34% . Ini berarti ketuntasan belajar secara
klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan
metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 056 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Shooting |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 03:12 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21919 |